Monday, February 24, 2020

Silabus Ski Ma K13 Revisi 2017

Silabus SKI MA K13 Revisi 2017 ini merupakan perangkat yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Silabus sangat penting dalam suatu pembelajaran alasannya yakni merupakan dasar dalam penyusunan perangkat pembelajaran lainnya ibarat Prota Promes dan RPP. Untuk Guru mapel SKI Madrasah Aliyah, disini saya sediakan Silabus Kurikulum 2013 lengkap untuk Kelas X, XI, dan XII yang sanggup anda download secara gratis. Selain Silabus mapel Sejarah Kebudyaan Islam ini, anda juga sanggup dapatkan Silabus MA lainnya pada artikel lainnya dalam blog ini. 

Dalam Silabus SKI MA Kelas X, XI, XII ini memuat rincian KD, materi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran. Sebelum revisi, silabus memuat Kompetensi Inti (diluar kolom), Kompetensi Dasar, Indoikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu dan Sumber Belajar.

 ini merupakan perangkat yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini Silabus Ski Ma K13 Revisi 2017

Download Silabus SKI MA K13 Revisi 2017


Silabus SKI Kelas X [Download]

Silabus SKI Kelas XI [Download]

Silabus SKI Kelas XII [Download]


Lihat Juga !!! 

Selain silabus, ada 8 point (9 dengan silabus) yang mengalami perubahan pada revisi 2015, diantaranya :
  1. Nama kurikulum tidak berkembang menjadi kurikulum nasional tapi tetap *Kurikulum 2013 Edisi Revisi* yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian perilaku KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun *KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP*.
  3. Jika ada 2 *nilai praktik* dalam 1 KD , maka yang diambil yakni nilai yang tertinggi. Penghitungan *nilai ketrampilan* dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot evaluasi harian, dan evaluasi simpulan semester itu sama.
  4. pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode dikala mengajar dan apabila dipakai maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. *Silabus kurtilas* edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu *KD, materi pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran*.
  6. Perubahan *terminologi* ulangan harian menjadi *penilaian harian*, uas menjadi *penilaian simpulan semester* untuk semester 1 dan *penilaian simpulan tahun* untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, eksklusif ke evaluasi simpulan semester.
  7. *Dalam RPP*, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang dipakai dan *materi dibentuk dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian* (jika ada).
  8. *Skala penilaian* menjadi *1-100*. *Penilaian sikap* diberikan dalam bentuk *predikat dan deskripsi*.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial yakni nilai yang dicantumkan dalam hasil.

Download Juga !!!
Silabus Bahasa Arab MA K13 Revisi 2017
Silabus Fiqih MA K13 Revisi 2017
Silabus Aqidah Akhlak MA K13 Revisi 2017
Silabus Al-Qur'an Hadits MA K13 Revisi 2017