Monday, December 9, 2019

Kesehatan

Kesehatan


a.    Cara merawat mata, hidung, telinga, kulit, dan mulut
    Mata:
1.    Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.
2.    Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama
Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.
3.    Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat
Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps/playstation atau video game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas.
4.    Membaca Buku
Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.
5.    Hindari Debu dan Polusi
Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.
6.    Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A
Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.
    Hidung :
1.    Pastikan untuk menutup hidung Anda ketika Anda berada di tempat yang berdebu.
2.    Jika setiap harinya Anda pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda motor, gunakanlah masker untuk melindungi hidung Anda dari udara yang tercemar. Terlalu banyak mencium debu dan polusi yang ada di sekitar Anda akan berakibat fatal dimana hidung Anda menjadi kotor.
3.    Bersihkan Lendir yang Keluar dari Hidung Anda
4.    Jika Anda memiliki penyakit seperti bersin-bersin, ada baiknya jika Anda menutup hidung Anda dengan sarung tangan atau menggunakan masker. Hal ini sangat penting agar Anda tidak menularkan penyakit yang Anda miliki tersebut ke orang lain. Penularan penyakit bersin sangat mudah untuk terjadi karena penularannya yang dilakukan dengan media udara dimana kita menghirup udara tersebut setiap hari. Pada saat bersin, Anda juga akan mendapati lendir keluar dari hidung Anda. Pastikan untuk membersihkan lendir tersebut agar tidak mongering dan melekat pada hidung Anda.
5.    Hindari Mengorek Kotoran Hidung dengan Tangan
    Telinga :
1.    Telinga bagian luar dirancang sebagai tempat yang mudah untuk dibersihkan. Cotton bud yang biasa Anda gunakan bukan berfungsi membersihkan, melainkan malah mendorong kotoran telinga semakin dalam. Cara yang paling baik adalah dengan menggunakan air dan sabun. Sebab, telinga dengan sendirinya akan mendorong kotoran keluar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk melunakkan kotoran telinga.
2.    Jangan khawatir dengan perubahan warna kotoran telinga Anda. Tekstur dan warna dapat berbeda pada setiap orang. Bisa lembut atau keras, bisa berwarna orange atau kecokelatan. Namun, jika sudah berwarna hijau dan kental, tandanya telinga Anda mengalami infeksi. Dan itu harus segera diobati.
3.    Jangan pernah menggaruk telinga ketika terasa gatal. Rasa gatal bisa diakibatkan oleh eksim atau psoriasis. Segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.
4.    Tiap jenis infeksi pada telinga membutuhkan penanganan dari dokter ahli. Ada 2 jenis infeksi, yakni pada telinga luar dan telinga tengah. Untuk bagian luar umumnya terjadi karena terkena air kotor. Telinga menjadi sakit, bengkak, atau bahkan bernanah. Biasanya, diobati dengan tetesan antibiotik. Sementara itu, untuk bagian tengah, terkadang bisa berdampak buruk pada gendang telinga. Gendang telinga bisa pecah. Biasanya, penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes.
5.    Rasa nyeri yang muncul bukan semata-mata karena telinga Anda bermasalah, tetapi bisa karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri di telinga, ada baiknya Anda konsultasikan pada dokter.
6.    Pendengaran Anda bisa berkurang karena faktor usia. Namun, jika usia bukan penyebabnya, segera konsultasikan kepada dokter. Pendengaran berkurang secara mendadak bisa karena kerusakan sel-sel rambut.
7.    Mendengarkan musik dengan keras dan dalam waktu yang lama dapat merusak sel-sel rambut. Akibatnya, pendengaran Anda pun lama-kelamaan berkurang.
8.    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pendengaran Anda berkurang. Pertama, tamparan di telinga yang menyebabkan gendang telinga berlubang. Biasanya, membran akan sembuh dengan sendirinya dalam 6 minggu. Tapi, telinga harus tetap kering agar infeksi tidak semakin parah. Selain itu,  dipukul di bagian telinga saat sedang berenang juga berakibat pada berkurangnya pendengaran. Sebab, air dipaksa masuk ke dalam telinga. Trauma dan patah tulang tengkorak sering kali merusak telinga bagian dalam. Akibatnya, dapat mengurangi pendengaran seseorang.
9.    Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.
    Kulit :
1.    Gunakan sabun yang memiliki pHrendah atau sabun yang lembut
Jika kulit tubuh anda cenderung kering terutama setelah mandi, anda perlu memperhatikan sabun yang anda gunakan.Gunakanlah sabun yang memiliki pH ringan atau lembut.Jika anda menggunakan produk sabun yang terlalu keras, kulit anda bisa menjadi sangat kering, sehingga membuat anda sangat tidak nyaman.
2.    Mandi menggunakan pancuran (shower)
Pancuran atau shower sangat baik untuk kulit menjaga kulit tubuh anda dibandingkan dengan mandi berendam. Pastikan bahwa air yang anda gunakan untuk mandi tidak panas, melainkan suam-suam kuku.
3.    Minum banyak air
Untuk kulit yang indah, tubuh Anda membutuhkan jumlah yang cukup cairan.Pastikan bahwa Anda minum cukup air, yaitu sekitar 8 gelas per hari. Dan ini termasuk cara merawat kulit tubuh secara alami.
4.    Melembabkan kulit sehari-hari
Membiasakan diri untuk melembabkan kulit tubuh anda sehari-hari!Setelah membelai tubuh anda secara lembut menggunakan handuk, gunakanlah krim atau lotion yang sesuai melembabkan kulit tubuh anda. Jangan lupa bahwa semua jenis kulit membutuhkan kelembaban.
5.    Lindungi kulit tubuh dari matahari
Untuk menjaga kulit tubuh anda tetap sehat, jangan biarkan kulit terpapar sinar matahari secara langsung tanpa adanya perlindungan.Oleskan krim anti matahari (sun block) dengan SPF yang disesuaikan dengan jenis kulit anda.Gunakan sun block tersebut secara teratur.
6.    Makan makanan sehat dengan gizi yang seimbang
Makan makanan sehat dengan gizi yang seimbang tidak hanya baik untuk tubuh anda, tapi juga untuk kesehatan kulit tubuh anda. Setiap hari, Anda harus makan lima buah dan sayuran, yang kaya akan antioksidan. Ini akan membantu Anda mempertahankan cantik, kulit yang sehat.
7.    Seni membelai kulit kering dengan lembut
Sebelum anda keluar dari kamar mandi, pastikan anda membilas bersih seluruh tubuh anda untuk menghilangkan semua sisa produk pembersih anda.Kemudian dengan cepat keringkan tubuh anda sambil membelai kulit kaki, dada, lengan, dll dengan handuk anda secaralembut.Jangan terlalu agresif dan kosong menggosok kulit tubuh anda sampai kering.
8.    Cukup tidur / istirahat
Jika Anda mendapatkan cukup tidur, kulit Anda akan terlihat sehat dan segar berseri-seri. Tubuh Anda membutuhkan 7, 8, hingga 9 jam untuk tetap sehat. Bahkan, persyaratan tidur kita ditentukan oleh gen kita.
9.    Ketika udara dingin, gunakan pakaian hangat
Pernahkah anda memperhatikan bahwa kulit tubuh anda menjadi sangat sensitif selama musim dingin? Bahkan, cuaca dingin, serta angin dan matahari, cenderung mengeringkan kulit, membuat kulit terasa tidak nyaman, kencang dan bersisik.Segera setelah suhu mulai turun, pastikan bahwa Anda berpakaian hangat. Dan jangan lupa untuk melindungi tangan Anda!
    Mulut :
1.    Hal pokok dalam menjaga kebersihan mulut yang baik yakni dengan menyikat dengan benar. Pastikan menyikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.
2.    Flossing juga merupakan aspek penting dari kesehatan mulut. Bersihkan sela gigi dengan benang gigi atau dental floss sekali sehari.
3.    Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali walaupun jika Anda tidak mengalami sakit gigi. Ini untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja.
4.    Cobalah batasi makanan dan minuman bergula aerasi yang biasa ditemukan pada minuman kemasan. Makanan dan minuman bergula dapat merusak gigi,dan berisiko menimbulkansakit gigi.
5.    Gunakan obat kumur antibakteri mencegah risiko penyakit gusi. Obat kumur membunuh bakteri perusak gigi dan menjaga kesehatan gigi
6.    Jauhi produk tembakau dan kopi untuk menjaga warna gigi agar tetap putih bak mutiara serta segar dan sehat. Tembakau dapat membuat warna gigi berubah menjadi kuning dan mengurangi warna keindahan gigi
7.    Jangan pernah mengabaikan gusi berdarah. Gusi berdarah tanda gigi kekurangan kalsium, jika kekurangan zat tersebut selain gusi berdarah.
b.    Cara merawat gigi
a)    Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
b)    Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
c)    Sikat gigi dengan baik dan benar.
d)    Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.
e)    Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.
f)    Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.
g)    Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.
h)    Batasi kopi dan teh.
i)    Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.
c.    Pola makan yang baik dan makanan 4 sehat 5 sempurna
1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita sehingga tubuh mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh.Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.